Jangan Salah! Manfaat Kurma Untuk Buka Puasa


835
835 points

Salah satu ciri khas bulan Ramadhan yaitu banyaknya orang berjualan buah kurma. Apalagi, kurma memang disarankan untuk berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, ternyata manfaat kurma untuk buka puasa sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita jika rutin dikonsumsi.

Manfaat Kurma Untuk Buka Puasa

Manfaat Kurma Untuk Buka Puasa

Nah langsung aja nih guys, berikut ini adalah manfaat kurma untuk buka puasa versi taupedia.

Mengurangi Tekanan Darah

Walaupun rasanya yang sangat manis, ternyata kurma bisa menurunkan tekanan darah. Manfaat kurma ini bisa kita dapatkan karena kurma mengandung magnesium, potassium, dan mineral lain yang membantu kerja jantung. Dengan begitu, jika sering mengkonsumsi kurma, maka resiko tekanan darah tinggi bisa ditekan pada batas yang minimum.

Manfaat Kurma Untuk Buka Puasa

Sebagai Sumber Energi

Saat bulan puasa, tubuh kita lebih cepat merasa lelah dan lemas karena tidak ada asupan makanan seharian. Dengan memakan tiga sampai lima kurma saat berbuka puasa, energi yang dibutuhkan tubuh usai berpuasa bisa diakomodasi karena kandungan glukosa buah kurma yaitu 50-70 persen.

Manfaat kurma yang manis juga menandakan kadar gula tinggi dan sangat mudah diserap tubuh, sehingga cepat membuat tubuh langsung bugar. Oleh karena itu jika kita berbuka dengan kurma, disarankan lebih baik minum air putih tidak perlu minum minuman manis lainnya sebab kandungan gula pada kurma sudah begitu banyak.

Sebagai Sumber Energi

Melancarkan Pencernaan

Kurma juga bisa menguatkan sel-sel usus. Pada dasarnya kurma adalah buah yang memiliki serat tinggi. Selain rasa manisnya yang berguna untuk memulihkan energi, kurma juga bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan lho. Bahkan kurma bisa jadi obat alami untuk sembelit sehingga teratur buang air besar dan sangat bagus untuk usus besar.

Serat kurma yang tidak mudah larut mampu membersihkan sistem pencernaan. Dan dengan penanganan khusus, kurma juga bisa membantu bagi penderita wasir.

Melancarkan Pencernaan

Bagus Untuk Ibu Hamil

Buah kurma juga bagus untuk pemulihan rahim bagi ibu yang baru saja melahirkan. Dengan memilih kurma basah, manfaat kurma bisa dirasakan karena bisa mencegah pendarahan.

Selain itu, kurma juga memiliki kandungan hormone yang mampu memulihkan luka bagi ibu usai melahirkan. Apalagi banyak pakar menyebut kalau ibu yang sedang hamil rajin memakan kurma 4 minggu sebelum kelahiran, cenderung memiliki peluang melahirkan lebih lancar ketimbang yang tidak mengonsumsinya.

manfaat kurma untuk buka puasa

Memperbanyak Produksi ASI

Selain membantu pemulihan ibu melahirkan, manfaat kurma juga bisa diperoleh oleh ibu yang sedang menyusui. Kurma ternyata memiliki kandungan yang bisa merangsang produksi ASI ibu. Apalagi kurma juga banyak mengandung zat besi dan kalsium yang sangat baik untuk ASI.

Bahkan jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, kurma juga mampu membantu mengurangi risiko penyakit stroke sampai 9 persen. Dengan kandungan didalamnya, kurma juga efektif mengurangi risiko penyakit Alzheimer, Artritis, Kardiovaskular, dan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan peradangan dalam.

manfaat kurma untuk buka puasa

Kesimpulan

Itulah manfaat kurma untuk buka puasa versi taupedia. Buah kurma memang identik dengan bulan puasa. Selain memiliki rasa yang enak tenyata buah kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh saat puasa. Tapi jangan sampai konsumsi buah kurma berlebihan ya nanti kekenyangan lho.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format