Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan Perlu Kamu Tahu


840
840 points

Bagi kalian yang sedang hamil apalagi ibu muda yang baru pertama kali merasakan kehamilan, pasti akan sangat memperhatikan asupan makanan. Banyaknya mitos seputar kehamilan yang berkembang dimasyarakat membuat ibu hamil khawatir berlebihan. Oleh karena itu, alangkah  baiknya tau terlebih dulu mitos dan fakta seputar kehamilan.

Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan

Mitos yang berkembang biasanya mulai dari mitos tentang makanan yang harus dihindari sampai mitos yang berkaitan dengan jenis kelamin bayi yang akan lahir. Padahal, mitos-mitos ini belum tentu benar dan ada yang salah. Langsung aja nih guys, berikut mitos dan fakta seputar kehamilan versi taupedia.

Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan

Mitos 1

Ibu Hamil Dilarang Berhubungan Intim

Banyak yang percaya kalo ibu hamil tidak boleh berhubungan intim. Padahal boleh lho tetap berhubungan intim jika kondisi kehamilannya sehat dan normal. Berhubungan intim saat hamil juga tidak akan membahayakan bayi karena kantung ketuban dan otot rahim yang kuat akan melindungi si janin.

Mungkin kamu akan merasakan bayi bergerak setelah mencapai orgasme, tapi jangan khawatir karena hal ini merupakan reaksi bayi terhadap degup jantungmu yang meningkat setelah orgasme. Selain itu, berhubungan intim secara teratur saat hamil malah bisa mengurangi risiko melahirkan premature.

Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan

Mitos 2

Nanas Dan Durian Bisa Menyebabkan Keguguran

Mitos ini memang telah berkembang lama dimasyarakat dan banyak ibu hamil percaya padahal mitos ini tidak benar. Buah nanas dan durian tidak menyebabkan keguguran dan aman dikonsumsi asalkan tidak dalam jumlah yang berlebihan. Nanas mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk ibu hamil. Namun jika berlebihan dikonsumsi akan meningkatkan bromelain dalam tubuh dan meningkatkan risiko keguguran.

Sedangkan Durian mengandung organo-sulfur dan triptofan yang juga bermanfaat untuk ibu hamil. Namun, konsumsi durian yang berlebihan tidak baik karena durian mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi. Intinya, segala jenis makanan bila dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik ya guys.

Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan

Mitos 3

Ngidam Tidak Keturutan, Nanti Anaknya Ileran

Nah untuk mitos yang satu ini, kita perlu paham dulu sebenarnya ngidam itu  permintaan si bayi atau si ibu hamil. Menurut beebrapa teori, ngidam bisa berarti tubuh ibu hamil sedang kekurangan zat gizi tertentu dan bisa didapatkan dari makanan yang diidamkan si ibu.

Ada juga yang mengaitkan ngidam dengan perubahan hormon saat hamil. Intinya, ngidam itu tidak akan berpengaruh pada kondisi janin. Jadi bisa dikatakan kalau ngidam tidak akan menyebabkan anak “ileran” dan ini sebenarnya hanya mitos belaka.

Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan

Mitos 4

Ibu Hamil Harus Sering Minum Air Kelapa

Kata banyak orang, minum air kelapa saat hamil bisa melancarkan persalinan dan membuat kulit bayi jadi putih bersih. Padahal hal ini hanya mitos. Air kelapa tidak ada hubungannya dengan persalinan dan warna kulit bayi. Proses persalinan dipengaruhi oleh banyak faktor, sedangkan warna kulit bayi ditentukan secara genetik dari orangtua.

Ibu Hamil Harus Sering Minum Air Kelapa

Mitos 5

Ibu Hamil Jangan Makan Ikan, Nanti Bayinya Amis

Mitos yang satu ini tentu tidak benar karena ikan merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh dan penting untuk perkembangan bayi. Selain itu, ikan juga mengandung asam lemak omega-3, termasuk (DHA) yang baik bagi perkembangan otak.

Namun, memang ada jenis ikan yang dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti ikan hiu, swordfish, king mackerel, dan tilefish. Jika terlalu mengkonsumsi ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi, bisa merusak perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Ibu Hamil Jangan Makan Ikan, Nanti Bayinya Amis

Mitos 6

Perubahan Kulit Ibu Menandakan Jenis Kelamin Bayi

Ada yang mengatakan kalau ibu hamil yang kulitnya lebih gelap saat hamil menandakan kalau dia akan melahirkan bayi laki-laki. Sedangkan ibu hamil yang memiliki kulit yang lebih cerah saat hamil akan melahirkan bayi perempuan. Nah hal ini hanyalah mitos ya guys.

Kulit ibu berubah saat kehamilan disebabkan karena adanya perubahan hormon. Beberapa ibu mungkin akan mengalami perubahan kulit menjadi lebih gelap atau lebih cerah, tapi tidak berkaitan sama sekali dengan jenis kelamin bayi akan lahir nanti.

Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan

Kesimpulan

Itulah mitos dan fakta seputar kehamilan versi taupedia. Kehamilan merupakan masa-masa yang penting dan harus dijaga kesehtannya. Lebih baik jangan gampang percaya terhadap mitos yg berkembang selama tidak berlebihan salam konsumsi makanan dan gerak.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format