Mitos Kesehatan Yang Masih Dipercaya Padahal Salah


841
841 points

Saat masih anak-anak, kalian pasti pernah mendengar kan larangan dari orang tua seperti “Jangan makan eskrim kalau sedang pilek”. Nah mitos kesehatan seperti ini memang banyak beredar dimasyarakat sejak dulu.

Mitos Kesehatan Yang Salah

Karena kurangnya pengetahuan, terkadang membuat kita bingung harus percaya atau memilih untuk mengabaikan anjuran tersebut. Padahal, tidak semua anjuran tentang kesehatan itu benar lho guys. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa mitos kesehatan yang masih dipercaya padahal salah versi taupedia.

Mitos 1

Suplemen Vitamin Bisa Membantu Menjaga Kesehatan

Banyak orang yang percaya kalu sering mengkonsumsi suplemen atau vitamin secara rutin bisa menjaga kesehatan tubuh. Faktanya, mengkonsumsi suplemen tidak terlalu berpengaruh dengan kesehatan kita tapi malah bisa membahayakan kesehatan tubuh lho.

Menurut laman online brilionet, sebuah proyek penelitian 20 tahun tentang suplemen vitamin menunjukkan bahwa orang-orang yang banyak mengkonsumsi suplemen ternyata memiliki kesempatan lebih tinggi terkena kanker.

Mitos Kesehatan Yang Masih Dipercaya Padahal Salah

Mitos 2

Membaca Di Ruangan Gelap Bisa Merusak Mata

Mitos yang satu ini memang sangat terkenal karena banyak orang yang telah percaya jika membaca di ruangan gelap bisa merusak mata. Faktanya, membaca di ruangan remang-remang atau gelap tidak akan merusak mata.

Ketika membaca dalam suasana kurang cahaya, mata kita mungkin akan terasa cepat lelah. Namun dalam jangka panjang, hal ini sebenarnya tidak menimbulkan masalah serius dengan penglihatan.

Mitos Kesehatan Yang Masih Dipercaya Padahal Salah

Mitos 3

Ngemil Di Malam Bari Bisa Membuat Badan Gemuk

Kebanyakan dari kalian pasti suka ngemil kan guys? Buat yang suka ngemil malam hari, jangan khawatir ya karena ngemil di malam hari bukanlah penyebab utama obesitas.  

Faktanya, mau kalian ngemil di malam hari ataupun di siang hari sebenarnya tidak ada bedanya sama sekali. Salah satu penyebab seseorang bertambah gemuk adalah kurangnya aktivitas fisik dan terlalu banyak konsumsi makanan.

Ngemil Di Malam Bari Bisa Membuat Badan Gemuk

Mitos 4

Tumbuhnya Gigi Bisa Membuat Bayi Demam

Kebanyakan orang tua sering mengkaitkan bayi yang demam tinggi dengan tumbuhnya gigi. Faktanya, anak yang tumbuh gigi tak harus mengalami demam karena anak usia 6 bulan sampai 3 tahun memiliki risiko peningkatan infeksi ringan seperti pilek atau flu yang dapat menyebabkan demam.

Tumbuhnya Gigi Bisa Membuat Bayi Demam

Mitos 5

Menonton TV Terlalu Dekat Tidak Baik Untuk Mata

Banyak yang percaya jika menonton TV terlalu dekat bisa merusak mata. Faktanya, meski mata akan terasa lelah, namun menonton TV dari jarak dekat tidak akan merusak mata kita.

Tumbuhnya Gigi Bisa Membuat Bayi Demam

Mitos 6

Jangan Makan Es Krim Kalau Kita Sedang Sakit

Banyak yang bilang kalau sedang sakit seperti demam, flu, atau sakit tenggorokan, sebaiknya tidak makan es krim dulu. Faktanya, es krim tidak akan membuat penyakitmu tambah parah lho guys. Malah terkadang, es krim bisa membuat rasa sakit di tenggorokan menjadi lebih baik. Es krim juga bisa memberi kalori tambahan saat kamu tidak nafsu makan.

Jangan Makan Es Krim Kalau Kita Sedang Sakit

Mitos 7

Sering Duduk Menyilang Bisa Menyebabkan Varises

Tidak ada penelitian yang membuktikan kalau duduk dengan kaki menyilang bisa menyebabkan kerusakan syaraf atau varises. Duduk dengan kaki menyilang tidak akan menyebabkan kerusakan serius karena tekanan darah akan kembali normal saat kita mengubah pose duduk.

Sering Duduk Menyilang Bisa Menyebabkan Varises

Mitos 8

Banyak Minum Air Putih Bisa Mengurangi Jerawat

Minum air putih yang cukup memang penting bagi kesehatan. Namun air putih bukanlah obat untuk masalah jerawat. Kulit yang dilembabkan dengan baik memang bisa beregenerasi lebih cepat. Namun sebaiknya kamu jangan berharap bahwa jerawat bisa dikurangi dengan minum banyak air putih ya.

Mitos Kesehatan Yang Masih Dipercaya Padahal Salah

Kesimpulan

Itulah mitos kesehatan yang masih dipercaya banyak prang padahal salah versi taupedia. Mitos yang berkembang dimasyarakat memang sering membuat kita bingung untuk percaya atau mengabaikan saja.

Jika kalian merasa tidak sehat, langsung saja periksa kedokter daripada memepercayai mitos yang ada. Lebih baik menjaga kesehatan dengan gaya hidup sehat agar tidak terserang penyakit karena mencegah lebih baik daripada mengobati.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format