Fakta Alasan Papua Ingin Memisahkan Diri Dari NKRI


841
841 points

Mungkin banyak pihak yang tidak rela kalau Papua ingin memisahkan diri dari NKRI. Masyarakat Papua sendiri, belum tentu semuanya juga ingin lepas dari NKRI. Akan tetapi, keinginan memisahkan diri itu dianggap sebagai pilihan yang jauh lebih baik.

Banyak sekali alasan Papua ingin merdeka mulai dari segi politik, ekonomi, sosial, maupun budaya. Langsung saja, berikut alasan Papua ingin memisahkan diri dari NKRI yang perlu kamu tahu.

Alasan Papua Ingin Memisahkan Diri Dari NKRI

Alasan Papua Ingin Memisahkan Diri dan Merdeka

Orang Papua terutama di Papua Barat merasa dirugikan oleh arus imigran yang rutin selama 4 dekade terakhir dan pemberian izin pertambangan yang dikeluarkan untuk perusahaan asing oleh pemerintah pusat di Jakarta. Mereka juga merasa memiliki hubungan budaya yang lebih kuat dengan negara tetangga Papua Nugini dan negara-negara lain di timur Pasifik.

Ketika Indonesia merdeka dari Belanda tahun 1949, sebenarnya wilayah Papua Barat tidak termasuk dalam negara baru namun tetap berada di bawah kekuasaan Belanda. Kemudian Indonesia berhasil mengambil wilayah Papua Barat pada tahun 1963. Setelah inilah gerakan kemerdekaan Papua mulai dibentuk.

Pembentukan Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah sebuah gerakan separatis yang didirikan tahun 1965. Tujuan organisasi ini yaitu untuk mewujudkan kemerdekaan Papua bagian barat dari pemerintahan Indonesia. Organisasi ini merasa bahwa mereka tidak memiliki hubungan sejarah dengan Indonesia ataupuan negara-negara Asia lainnya.

Sedangkan penyatuan wilayah papua ke dalam NKRI tahun 1969 adalah perjanjian antara Belanda dengan Indonesia. Perjanjian tersebut oleh OPM dianggap sebagai penyerahan dari tangan satu penjajah kepada yang lain.

Petisi Papua Merdeka DiTolak PBB

Pada bulan September 2017, mereka mengajukan petisi ke PBB yang ditanda tangani oleh 1,8 juta orang Papua. Namun, Komite dekolonisasi PBB menolak untuk menerima permohonan tersebut.

Petisi ditolak karena Papua Barat tidak masuk dalam daftar “wilayah yang tidak memiliki pemerintahan sendiri” yang dipantau oleh komite tersebut berdasarkan mandat dari Majelis Umum PBB.

Penembakan Di Nduga Papua  

Tragedi penembakan yang dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kepada pekerja PT Istaka Karya masih menjadi perhatian pemerintah Indonesia saat ini. Insiden ini telah membunuh  19 pekerja dan 1 prajurit TNI.

Berdasarkan informasi yang diperoleh SINDOnews, pembantaian ini diduga karena salah satu pekerja memfoto kegiatan hari ulang tahun (HUT) OPM pada Sabtu 1 Desember 2018 lalu. Akibat pengambilan foto ini yang membuat kelompok KKSB marah dan membantai para korban. 

Sumber Senjata Organisasi Papua Merdeka

Letjen Purnawirawan Sutiyoso mengungkapkan soal sumber senjata organisasi OPM. Dia menegaskan kalau senjata mereka merupakan bekas senjata ketika NATO berada di Papua dan senjata rampasan dari pos-pos TNI.

Menurutny, total senjata kelompok itu ada 232 buah. 198 senjata standar dengan rakitan kuno dan 34 senjata rakitan biasa. Dari kasus ini, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa para pelaku akan ditumpas sampai ke akar-akarnya. Namun pembangunan infrastruktur Papua tak akan dihentikan.

Kesimpulan

Itulan alasan Papua ingin memisahkan diri dari NKRI. Kita sebagai rakyat Indonesia jangan diam saja dan harus bekerjasama mendukung pemerintah untuk keutuhan NKRI.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format