Reynhard Sinaga


Reynhard Sinaga seorang warga negara Indonesia yang tinggal di Inggris sekarang sedang menjadi perbincangan. Dia divonis bersalah atas 159 kasus pemerkosaan dan kasus serangan seksual terhadap 48 korban pria di Manchester, Inggris. Bahkan, beberapa korban diperkosa berkali-kali selama 2,5 tahun.

Reynhard Sinaga - Fakta Dibalik Kasus Pemerkosaan Terbesar

Fakta Tersembunyi Kasus Reynhard Sinaga

Tapi dibalik kasusnya yang sedang ramai diberitakan, ada beberapa fakta yang masih belum banyak orang tahu. Nah langsung saja, berikut ini adalah beberapa fakta tersembunyi kasus pemerkosaan oleh Reynhard Sinaga.

1. Ditangkap Tahun 2017, Kasus Reynand Baru Terungkap

Kasus Reynhard Sinaga baru terungkap dan viral ke media saat sidang putusan pada tanggal 6 Januari 2020 kemarin.Faktanya, Reynhard sudah ditahan pihak kepolisian sejak 2 Juni 2017 lalu. Mungkin banyak dari kalian yang bertanya mengapa kasus ini baru terkuak sekarang.

Ternyata sejak ditahan tahun 2017, Reynand tercatat telah menjalani sidang selama 4 kali sebelum sidang putusan. Sedangkan alasan kenapa kasusnya baru viral yaitu karena proses persidangan dilakukan secara rahasia dan tidak terekspos media untuk memastikan sidang berjalan adil dan melindungi para korban.

Para detektif bahkan memprediksi jumlah korban pemerkosaan lebih dari 195 orang. Jika mengekspos persidangan atau kasus ini lewat media justru memicu kegaduhan. Ditakutkan, media juga akan menghalangi pengakuan korban atau sanksi sehingga menghalangi hasil putusan.

2. Kronologi Aksi Bejat Reynhard Terungkap

Aksi Reynhard terbongkar ketika salah satu korbannya terbangun saat diperkosa. Sang korban kemudian langsung menelepon layanan darurat 999 pada tanggal 2 Juni 2017 dan Reynhard langsung ditangkap.

Setelah ditangkap, polisi juga menemukan video rekaman pemerkosaan sebesar 3,29 TB atau setara dengan 250 DVD. Hasil penyelidikan mengidentifikasi kalau 195 korbannya tidak sadar diri ketika Reynhard melecehkan mereka.

Reynhard Sinaga - Fakta Dibalik Kasus Pemerkosaan Terbesar

3. Rekam Adegan Pemerkosaan

Reynhard sendiri mengakui kalau dirinya memang seorang gay. Dia melakukan aksi bejatnya dengan membujuk para korban untuk datang ke apartemennya. Lalu dia membius dengan minuman dan melecehkan mereka secara seksual setelah pingsan.

Bahkan untuk memuaskan fantasi seksualnya, Reynhard tega merekam semua adegan pemerkosaannya untuk koleksi. Dalam video, kebanyakan pria yang menjadi korbannya terdengar mendengkur saat diperkosa.

4. Kenapa Para Korban Tidak Sadar Telah Diperkosa?

Sebagian besar korbannya adalah pria heteroseksual atau pria normal. Sebenarnya, para korban tidak pernah tahu kalau mereka telah menjadi korban pemerkosaan sampai akhirnya mereka diberi tahu oleh pihak kepolisian.

Mungkin kalian bingung, kenapa para korban tidak sadar dirinya telah diperkosa. Ternyata, para korban yang semuanya laki-laki tidak sadar saat diperkosa karena mereka diberi obat bius  bernama GHB.

Obat GHB sendiri diyakini bisa menghasilkan perasaan euphoria atau senang dalam dosis kecil. Namun dalam dosis besar, GHB bisa menyebabkan ketidaksadaran hingga kematian. Makanya setelah sadar, para korban tidak ingat telah diperkosa dan tidak merasakan apa-apa karena pengaruh obat yang sangat kuat.

Reynhard Sinaga - Fakta Dibalik Kasus Pemerkosaan Terbesar

5. Pemerintah Tetap Memberi Bantuan Hukum

Walaupun kasus ini terjadi di luar negeri, pemerintah Indonesia tetap memberi perlindungan hukum melalui KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) London. Perlindungan hukum diberikan untuk memastikan kalau Reynhard Sinaga mendapat hak-haknya secara adil dalam sistem peradilan setempat. Sebagai contoh mendapat pengacara dan mendampinginya selama rangkaian persidangan dari tahun 2017.

Saat persidangan, Reynhard bahkan tidak menunjukan penyesalan atas tindakannya. Dan pada persidangan terakhir 6 Januari 2020 kemarin, hakim memutuskan hukuman seumur hidup setelah dinyatakan bersalah.

6. Trauma Batin Para Korban

Tindakan pemerkosaan tentu meninggalkan trauma untuk para korbannya. Beberapa korban menyatakan kalau tindakan Reynhard telah menghancurkan hidup mereka. Mereka mengalami masalah kesehatan mental dan sebagian korbannya bahkan berpikir untuk melakukan upaya  bunuh diri. Kalau pria normal diperkosa pria, pasti trauma kan guys?

Kesimpulan

Nah itulah fakta tersembunyi kasus pemerkosaan oleh Reynhard Sinaga. Dari kasus ini kita belajar, tidak hanya perempuan yang bisa jadi korban pemerkosaan tapi juga para lelaki. Intinya selalu hati-hati dimanapun kalian berada ya.


1706
2.7k shares, 1706 points