Sisi Gelap Dunia Kpop


Dibalik glamornya industri hiburan Korea, ternyata ada sisi gelap dunia Kpop yang membuat para artisnya depresi. Bahkan tak sedikit dari mereka yang nekat untuk bunuh diri. Mungkin banyak dari kalian yang berfikir, kalau jadi artis atau idol Korea itu enak karena banyak penggemar dan hidup glamor. Faktanya, tekanan jadi artis banyak yang berujung pada depresi hingga kematian.

8 Sisi Gelap Dunia Kpop - Depresi Hingga Bunuh Diri

8 Sisi Gelap Dunia Kpop

Bukti sisi gelap dunia Kpop jelas, soalnya banyak artis dan idol popular yang nekat bunuh diri karena berbagai alasan mulai dari pelecehan seksual, depresi akut, tuntutan kerja, kontrak yang mengikat, komentar jahat, dan lainnya. Nah langsung saja nih guys, berikut ini adalah 8 sisi gelap dunia Kpop versi taupedia.

1. Menjadi Budak Kontrak Kerja

Dalam dunia Kpop, menandatangani kontrak artinya membiarkan masa muda mereka hilang. Karena dalam ikatan kontrak, mereka harus tinggal bersama manajemen di asrama dan harus melakukan peraturan ketat sesuai kontrak. Sebagai contoh, latihan ekstra berat dan tidak boleh memiliki pacar.

Ditambah lagi, bagi hasil keuntungan antara artis dan pihak agensi dianggap tidak adil. Apalagi, durasi kontrak yang berlangsung lama hingga puluhan tahun.

Parahnya lagi nih guys, jika ada aturan dalam kontrak yang tidak mereka patuhi, maka mereka harus siap menerima penalti entah itu membayar denda atau sampai dikeluarkan dari manajemen.

2. Sering Mendapatkan Pelecehan Seksual

Mendapatkan pelecehan seksual merupakan hal yang biasa jika ingin jadi artis atau idol Korea karena ketatnya persaingan. Bahkan pada tahun 2010, Korea Joongang Daily melaporkan, 60 persen aktris membayar secara seksual untuk peran yang ingin mereka dapatkan. Untuk masuk ke perusahaan hiburan, kerja keras dan dedikasi total saja tidaklah cukup terutama bagi perempuan.

 Pelecehan Seksual

Mereka harus bersedia untuk melayani dengan para petinggi agensi atau investor. Sebagai contoh kasus Jang Ja-Yeon, aktris yang muncul dalam drama populer Boys Before Flowers. Dia nekat bunuh diri pada tahun 2009 lalu karena tertekan menjadi budak seks.

3. Sasaeng Penggemar Gila Fanatik

Banyak penggemar Kpop yang menjadi sangat fanatik dengan idola mereka. Penggemar fanatik biasa dikenal dengan istilah Sasaeng dan kelakuan mereka kebanyakan sudah sangat kelewat batas.

Sasaeng akan melakukan segala cara untuk bisa berhubungan langsung dengan sang idola. Bahkan, ada yang sampai memasang kamera pengintai di rumah idolanya atau menulis surat cinta dengan darah menstruasi mereka.

Sasaeng Penggemar Gila Fanatik

4. Memiliki Anti-Fans Berbahaya

Selain ada penggemar fanatik, tentu juga ada yang namanya anti-fans. Normalnya, para anti-fans hanya membenci biasa saja, tapi banyak juga anti-fans yang nekat melakukan tindakan berbahaya.

Tindakan berbahaya yang mereka lakukan seperti mematikan lampu saat konser, mengirim karangan bunga yang melambangkan kematian, memberi minuman atau makanan yang telah diracun, bahkan mengirim petisi kepada artis untuk melakukan bunuh diri.

Memiliki Anti-Fans Berbahaya

5. Tidak Punya Ruang Privasi

Menjadi orang terkenal itu tidak punya ruang privasi dimanapun mereka berada. Nyaris 24 jam sehari, para paparazzi membuntuti para artis dan idol kemanapun mereka pergi. Makanya, tidak jarang para idol dan artis menjadi depresi karena tidak punya ketenangan.

Tidak Punya Ruang Privasi

6. Jam Terbang Tinggi

SBS Pop Asia mengatakan, kalau rata-rata hari kerja para artis atau idol bisa sampai 20 jam per hari dan hanya tidur beberapa jam saja lho guys!! Mungkin kalau hanya dilakukan satu atau dua itu normal, tapi kalau setiap hari tentu membuat mereka tambah tertekan ya.

8 Sisi Gelap Dunia Kpop - Depresi Hingga Bunuh Diri

7. Diet Ketat Yang Menyiksa

Banyak artis Kpop yang melakukan berbagai macam hal gila hanya untuk menurunkan berat badan. Badan kurus menjadi faktor penting di industri hiburan Korea. Sampai-sampai CEO perusahaan akan terus mengawasi berat badan mereka.

Mirisnya lagi nih guys, setiap makanan dan minuman yang mereka makan juga sangat dikontrol. Ditambah lagi, jam makan mereka juga sudah ditetapkan oleh manajemen dan pastinya wajib untuk dipatuhi.

8. Harus Tetap Tampil Meskipun Sedang Terluka

Sisi gelap dunia Kpop yang terakhir yaitu mereka harus tetap tampil meskipun sedang terluka. Jika seseorang benar-benar terluka, normalnya tidak perlu tampil dan istirahat. Tapi hal ini tidak terjadi di dunia hiburan Kpop lho guys. Sebagai contoh, banyak idol yang terluka karena kakinya terkilir atau lainnya, tapi mereka harus tetap tampil di panggung.

8 Sisi Gelap Dunia Kpop - Depresi Hingga Bunuh Diri

Kesimpulan

Itulah 8 sisi gelap dunia Kpop versi taupedia. Sekarang sudah tahu kan, kalau menjadi artis Kpop ternyata tidak sebahagia yang kita bayangkan? Semoga ke depannya, managemen dunia hiburan Kpop bisa diperbaiki sehingga tak ada lagi kisah tragis yang terulang ya guys.


1712
3.3k shares, 1712 points