Tata Cara Nyoblos Pemilu 2019 Untuk Para Perantau


Sebentar lagi di Indonesia akan diadakan pemilu tepatnya pada tanggal 17 April 2019. Buat kalian yang sedang merantau, jangan khawatir ya karena kalian masih bisa tetap mencoblos tanpa harus mudik lho. Apalagi bagi para pemula atau yang baru pertama kali nyoblos, tentu ada beberapa tata cara nyoblos pemilu 2019 yang perlu kalian tahu.

Tata Cara Nyoblos Pemilu 2019

Hal utama yang harus diperhatikan buat anak rantau agar bisa memilih pada pemilu mendatang yaitu harus terdaftar dulu sebagai pemilih. Jangan lupa juga memastikan telah mendapatkan alokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Langsung aja nih guys, berikut tata cara nyoblos pemilu 2019 khusus untuk perantau versi taupedia.

tata cara nyoblos pemilu 2019

Bisa Mencoblos Di Kota Perantauan   

Kabar baik disampaikan oleh Wahyu Setiawan untuk para perantau selaku Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia. Wahyu mengatakan kalau para perantau kini tidak harus mudik atau pulang kampung hanya agar bisa ikut mencoblos.

Sekarang kalian bisa berpartisipasi dalam pesta demokrasi di kota rantaunya masing-masing. Tapi perlu diingat kalau kalian harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan KPU.

Tata Cara Nyoblos Pemilu 2019 Untuk Para Perantau

Harus Mengurus Formulir A5

Hal pertama yang harus kalian lakukan agar bisa menggunakan hak suara di kota perantauan, kalian harus mengurus formulir A5 yang disediakan KPU. Formulir A5 bisa diurus jauh-jauh hari di daerah asal masing-masing untuk dipakai di kota tujuannya nanti.

Sebelum mengajukan formulis A5, kalian harus tau TPS terdekat yang ada disekitar. Untuk pengurusan Formulir A-5 bisa diurus maksimal h-60 sebelum hari pemilu. Formulir tersebut nantinya akan diserahkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) tempat dimana kalian akan menggunakan hak suaranya.

Tata Cara Nyoblos Pemilu 2019 Untuk Para Perantau

Formulir A5 Belum Bisa Diurus Secara Online

Untuk sekarang, formulir A5 memang belum bisa diurus secara online dan kalian harus mengurus langsung. Tapi jika kalian yang tidak punya waktu mudik untuk mengurus formulir ini, kalian bisa meminta tolong keluarga untuk mengurusnya selama datanya jelas dan tidak serampangan.

Hal ini wajib untuk memastikan penggunaan hak pilih tidak disalahgunakan. Data-data yang diperlukan seperti nama, NIK, TPS asal, dan di TPS yg akan digunakan nanti.

Formulir A5

KPU Memberi Kesempatan Agar Semua Orang Bisa Menggunakan Hak Pilihnya

Pihak Komisi Pemilihan Umum memahami ada kemungkinan masyarakat akan menggunakan hak pilihnya di kota yang berbeda dengan kota asalnya. Nah untuk itulah KPU menyediakan formulir A5 ini.

KPU memberi kesempatan kepada semua orang agar bisa menggunakan hak pilihnya walaupun harus bepergian ke luar kota karena urusan pekerjaan atau kepentingan lain. Hal ini juga telah didata dengan cermat ututk menjamin ketersediaan surat suara.

Tata Cara Nyoblos Pemilu 2019

Wajib Melengkapi Data Diri

Bagi para perantau yang akan memilih dikota perantauan, kalian hanya perlu melengkapi data diri untuk mengurus formulir A5. Mulai dari data nama lengkap, NIK, TPS asal, dan TPS tujuan serta jangan lupa untuk memastikan diri telah terdaftar sebagai pemilih.

Sedangkan untuk mengetahui lokasi TPS terdekat yang bisa digunakan para perantau, KPU menyarankan agar kalian bertanya langsung kepetugas wilayah masing-masing.

Melengkapi Data Diri

Kesimpulan

Itulah tata cara nyoblos pemilu 2019 khusus untuk perantau versi taupedia. Mencoblos atau tidak memang hak suara masing-masing. Tapi sebagai warga negara Indonesia yang baik, alangkah baiknya kita menggunakan hak suara kita untuk menentukan pemimpin negara. Karena pilihan kita sangat menentukan masa depan Indonesia.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format