Semua binatang pasti berkembang biak baik dengan cara bertelur atau melahirkan. Normalnya, bentuk telur hewan itu bulat dan berwarna putih kan? Tapi nyatanya, ada beberapa telur yang memiliki bentuk aneh dan berwarna lain. Penasaran kan telur hewan apa saja yang memiliki bentuk aneh dan unik?

11 Telur Hewan – Dengan Bentuk Paling Aneh Serta Unik

11 Bentuk Telur Hewan Unik

Nah langsung saja, berikut ini adalah 11 telur hewan yang memiliki bentuk aneh serta unik versi taupedia.

1.Telur Gurita

Telur gurita berbentuk lonjong dan tembus pandang atau transparan. Induk gurita biasanya meletakkan ratusan ribu telur sekaligus dan akan selalu menjaga mereka sampai menetas.

Karena membutuhkan waktu yang lama untuk meretaskan telur, induk gurita bahkan sampai memakan lengan mereka sendiri lho guys. Nah hal ini mereka lakukan agar bisa terus bertahan hidup. Sedangkan sang jantan akan langsung mati setelah membuahi gurita betina.

Gurita

2. Telur Hiu Tanduk

Bentuk telur hiu tanduk memang cukup aneh. Soalnya, telur hiu tanduk memiliki bentuk seperti mata bor. Bentuk telurnya yang unik ternyata berguna untuk mengecoh pemangsa lain dan melindungi telur daru terjangan arus laut.

Hiu Tanduk

3. Telur Hiu Hantu

Selain hiu tanduk, telur hiu hantu juga tak kalah anehnya. Bentuk telur hiu hantu yaitu pipih dan berwarna gelap sehingga bisa terselip di antara bebatuan atau pasir. Bentuknya yang pipih juga efektif mencegah telur mengambang. Selain itu, telur hiu hantu juga memiliki kantong kuat dan mampu melindungi bayi hiu dari predator lain.

Hiu Hantu

4. Telur Kuda Laut

Berbeda dari binatang lainnya, kalau kuda laut malah sang pejantan yang membawa telur di dalam kantung perut mereka. Induk betina hanya akan meletakkan telur-telurnya dalam sebuah kantung tubuh pejantan. Kemudian, kuda laut jantan akan membuahi telur-telur tersebut dan menjaga hingga saatnya menetas. Itulah sebabnya kuda laut jantan seperti sedang hamil.

Kuda Laut

5. Telur Katak

Mungkin banyak dari kalian yang pernah ngeliat telur katak kan? Telur katak sendiri memiliki ukuran yang sangat kecil dan transparan. Makanya kita bisa melihat bayi-bayi katak di dalamnya. Lucu kan guys?

11 Telur Hewan – Dengan Bentuk Paling Aneh Serta Unik

6. Telur Kepik

Telur-telur kepik biasanya ditemukan di sekitar dedaunan. Bentuknya bulat kecil dan agak transparan. Serangga kepik sendiri memang tidak suka menggigit manusia. Tapi mereka dianggap mengganggu karena ada yang mengeluarkan bau busuk menyengat.

Kepik

7. Telur Cacing Tanah

Kalau telur cacing tanah sendiri berwarna kuning kecoklatan. Awalnya, telur yang baru dikeluarkan induk cacing berwarna putih kekuningan, baru beberapa hari kemudian berubah menjadi kuning kecoklatan. Setiap butir telur ternyata berisi 1 hingga 3 anak cacing.

Cacing Tanah

8. Telur Kelabang

Melihat kelabang membawa bayi mereka pasti geli kan guya? Induk kelabang biasanya meletakan telurnya di lubang dalam tanah atau kayu busuk. Sang betina tetap bersama telurnya, menjaga dan melindungi mereka dari jamur atau  pemangsa lain. Bentuknya sendiri putih lonjong.

Kelabang

9. Telur Kecoa

Pasti banyak orang yang takut kecoa terbang kan? Ternyata, induk kecoa meletakan telur mereka secara berkelompok dan dibungkus oleh selaput keras yang disebut kapsul telur atau ootheca. Kapsul telur kecoa sendiri memiliki bentuk seperti kacang atau dompet dengan warna coklat atau hitam kecoklatan. Satu kapsul telur biasanya berisi 30 sampai 40 telur.

Kecoa

10. Telur Capung

Capung biasanya akan bertelur pada ranting atau daun tanaman yang ada di permukaan air atau bahkan di dalam air. Induk capung ternyata bisa bertelur hingga 100.000 butir lho guys. Bentuk telur capung sendiri putih lonjong seperti butiran beras.  

11 Telur Hewan – Dengan Bentuk Paling Aneh Serta Unik

11. Telur Lalat

Bentuk telur lalat hampir sama dengan telur capung yaitu oval panjang dan bewarna putih. Lalat biasanya bertelur di tempat atau barang lembab seperti sampah dan kotoran binatang. Lalat betina ternyata mampu menghasilkan telur sekitar 2000 butir sepanjang hidupnya.

11 Telur Hewan – Dengan Bentuk Paling Aneh Serta Unik

Kesimpulan

Itulah 11 bentuk telur hewan yang aneh serta unik versi taupedia. Unik-unik kan guys bentuk terlurnya? Ternyata bentuk dan warna telur tidak selalu bulat putih ya. Ada yang cangkangnya berwarna lain dan juga ada yang berbentuk transparan.


Comments

comments