5 Tipe Siswa Yang Ada Saat Mengerjakan Tugas Kelompok


Bernostalgia mengenang masa-masa sekolah dulu memang menyenangkan. Buat kalian yang sudah lulus, tentu masih ingat kan saat mengerjakan tugas kelompok dari guru? Nah saat bekerja sama mengerjakan tugas kelompok inilah, muncul tipe-tipe siswa baru yang tidak kalah nyelenehnya mulai dari siswa yang berotak encer, siswa yang hanya nebeng nama, siswa jelangkung yang datang dan pergi sesuka hati, hingga siswa pembantu umum. Penasaran kan guys?

Tipe Siswa Yang Pasti Ada Saat Mengerjakan Tugas Kelompok

5 Tipe Siswa Saat Mengerjakan Tugas Kelompok

Nah langsung aja, berikut ini adalah 5 tipe siswa yang pasti ada saat mengerjakan tugas kelompok versi taupedia.

Siswa Berotak Encer

Dalam sebuah tugas kelompok, istilah berotak encer lebih mengacu pada siswa yang dianggap paling pintar dalam kelompok itu. Dengan titel “berotak encer” inilah sisa anggota lainnya mempasrahkan segala keputusan padanya. Dan keputusannya harus dipatuhi karena mereka merasa tidak bisa menyaingi kepandaiannya dalam memahami pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dalam tugas.

Siswa Berotak Encer

Siswa Tuan Rumah

Pertanyaan seperti “Mau kerja kelompok di mana?” merupakan sebuah tantangan yang hanya bisa diselesaikan oleh siswa tipe tuan rumah. Biasanya, siswa tipe ini adalah seorang teman yang rumahnya paling nyaman untuk kumpul serta punya ibu yang baik hati karena sering memberi banyak jenis jajanan.

Siswa Tuan Rumah

Siswa Pemburu Makanan

Selain ada siswa yang menyediakan tempat serta cemilan enak pendamping pengerjaan tugas, siswa pemburu makanan juga bisa dipastikan selalu ada. Memang sih mereka selalu datang tepat waktu dan ikut diskusi, tapi tetap saja pandangan mereka selalu terkunci pada cemilan yang tersedia.

Tipe Siswa Yang Pasti Ada Saat Mengerjakan Tugas Kelompok

Siswa Jelangkung

Seperti namanya Jelangkung, jenis siswa yang satu ini hobinya datang dan hilang sesuka hati. Sudah tahu harus bekerja dalam sebuah kelompok, dia malah dengan santainya menghindari jadwal kerja kelompok dan pura-pura lupa. Tapi anehnya, saat hari pengumpulan tugas, siswa tipe ini bakal muncul tanpa rasa berdosa dan tiba tiba bilang kalau dia aja yang jadi moderator atau admin power poinnya. Yah menyebalkan memang, tapi siswa tipe ini memang banyak.

Tipe Siswa Jelangkung

Siswa Pembantu Umum 

Jika beberapa siswa merasa cukup PD mengerjakan tugas kelompok, siswa tipe pembantu umum cenderung bersikap sebaliknya. Siswa tipe ini sadar kalau dirinya tidak terlalu pintar yang akhirnya memilih untuk bergerak di bidang yang tidak digemari banyak orang seperti jadi tukang bolak-bolak nge-print, pergi ke tukang fotokopian buat njilid makalah, atau membuat Power Point lengkap dengan desain yang menarik dan efek animasi setiap slide-nya.

Tipe Siswa Pembantu Umum

Kesimpulan

Itulah 5 tipe siswa yang pasti ada saat mengerjakan tugas kelompok versi taupedia. Diberikan tugas kelompok sebenarnya bertujuan untuk membangun rasa kerja sama, saling membantu, dan saling bertanggung jawab. Tapi kenyataannya kadang tidak sesuai ekspetasi. Walaupun ada tipe-tipe yang nyeleneh ketika kerja kelompok, tapi  masa-masa inilah yang kadang membuat kita kangen ketika sudah lulus sekolah.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format