7 Tokoh Wanita Inspiratif Yang Mendunia


830
830 points

Banyak sekali tokoh wanita dunia yang kisahnya menginspirasi kita dan beberapa bahkan berasal dari Indonesia. Sebelum kita membahas lebih jauh tokoh wanita inspiratif, ternyata ada hari peringatan wanita sedunai yang jatuh setiap tanggal 8 Maret. Tanggal 8 maret menjadi hari spesial sebagai bentuk penghormatan dunia kepada kaum wanita.

Tokoh Wanita Inspiratif

Berbeda dengan pandangan lama, sosok wanita dulunya selalu dipandang lemah, mudah menyerah, dan tidak bisa sukses melebihi pria. Namun sekarang, wanita mampu berjuang keras dan berhasil menciptakan perubahan positif bahkan mendapat pengakuan dunia. Langsung aja nih guys, berikut tokoh wanita inspiratif yang mendunia versi taupedia.

Tokoh Wanita Inspiratif

Malala Yousafzai

Malala Yousafzai adalah seorang perempuan dari Pakistan yg berkontribusi dalam bidang kemanusiaan dan pendidikan. Dia menjadi orang termuda yang pernah menerima penghargaan kemanusiaan tertinggi Nobel Prize pada usia 17 tahun.

Di negara asalnya Pakistan, awalnya kaum wanita tidak boleh mendapatkan pendidikan yang layak. Makanya Malala kemudian melakukan suatu gerakan untuk membela hak wanita khusus dari sisi pendidikan. Dia membuat sebuah blog yang berisi hak-hak para perempuan Timur Tengah.

Usaha Malala tentu tidak selalu mulus. Dia sempat dikejar oleh para kelompok Taliba, kemudian disiksa secara fisik sampai  kepala dan lehernya terluka. Tapi hal itu tidak membuatnya menyerah dan tetap menjalankan aksi kemanusian. Sampai pada akhirnya, Malala menjadi sosok wanita yang dianggap sebagai pahlawan di negaranya Pakistan.

Tokoh Wanita Inspiratif

Liliana Natsir

Siapa yang tidak kenal sosok Liliana Natsir. Sebagai atlet bulu tangkis, Liliana telah memberikan banyak prestasi luar biasa dan mengharumkan nama Indonesia dimata dunia. Liliana juga berhasil membawa tim ganda campuran indonesia menjadi pemenang pertama di Olimpiade Rio 2016.

Untuk prestasi lainnya, dia telah memenangkan kompentisi bulu tangkis internasional tertua All England selama 3 kali berturu-turut dan meraih medali emas di SEA Games 2011 dalam tim ganda campuran. Semua prestasi yang berhasil didapatkannya tentu butuh perjuangan ekstra ya.

Kegigihannya dengan berlatih teruslah yang membuatnya maju. Liliana juga sosok yang tidak mudah menyerah walaupun telah berkali-kali kalah. Sampai pada akhirnya kerja kerasnya berhasil membawa dia dan tim bulu tangkis Indonesia menang dan dipandang oleh dunia.

Liliana Natsir

Najwa Shihab

Pasti kalian pernah menonton acara Mata Najwa yang dibawakan Najwa Shihab kan? Dalam dunia jurnalistik Najwa telah meraih berbagai penghargaan bergengsi seperti Jurnalis Terbaik untuk Metro TV pada tahun 2006.

Dan pada tahun yang sama, Najwa juga terpilih sebagai peserta Senior Journalist Seminar dan menjadi pembicara yang mewakili Indonesia pada Konvesi Asian American Journalist Association. Pada tahun 2007, kualitas dari profesionalisme Najwa sebagai seorang jurnalis telah diakui secara internasional.

Hal ini terbukti karena dia menjadi salah satu nominasi diajang penghargaan bergengsi di Asia yaitu Asian Television Award. Saat ini karir Najwa sebagai seorang jurnalis tetap bersinar dengan menjadi presenter utama dari sebuah acara talkshow politik Mata Najwa yang ditayangkan di televisi swasta Indonesia.

Najwa Shihab

Jeniffer Fan

Jennifer Fan merupakan seorang pebisnis disektor financial dari Asia. Dia punya kecerdasan diatas rata-rata, sehingga Jennifer Fan bisa diterima di New York University pada usia 16 tahun. Setelah lulus, Jennifer memutuskan bekerja di Morgan Stanley.

Disana, dia belajar banyak tentang trading dan investasi dengan menemui berbagai macam orang. Hingga akhirnya pada tahun 2012, Jennifer mendirikan perusahaannya sendiri. Diusianya yang terbilang masih muda 29 tahun, Jennifer berhasil membangun perusahaan bernama Arbalet Capital LLC yang berfokus pada investasi energi dan agrokultural.

Jennifer juga di sebut sebagai “Youngest Wall Street Veteran” oleh majalah Forbes pada tahun 2013 karena prestasi dalam bidang bisnis investasi yang telah diraihnya.

Jeniffer Fan

Dian Pelangi

Dian Pelangi merupakan sosok wanita yang telah menginspirasi banyak wanita Indonesia terutama para pemakai hijab. Dian menempuh pendidikan dalam bidang fashion mulai dari SMK sampai perguruan tinggi, hingga akhirnya fashion dan agama menginpirasinya untuk menjadi seorang desainer khusus busana muslim.

Dian Pelangi juga ikut meramaikan pasar fashion dunia dengan pagelaran busana muslimnya secara internasional di beberapa negara. Tidak hanya itu, sosok Dian Pelangi menjadi sosok inspirasi bagi para wanita muslim di seluruh dunia dengan membuktikan bahwa busana muslim bisa terlihat cantik dan menawan walau tertutup.

Tokoh Wanita Inspiratif

Sri Mulyani

Sri Mulyani adalah mantan Menteri Keuangan Indonesia pada tahun 2005. Selama karirnya di pemerintahan, Sri Mulyani berhasil meraih penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik pada tahun 2006 versi Emerging Markets dan menjadi wanita paling berpengaruh no 23 versi majalah forbes tahun 2008 karena berhasil memberikan banyak terobosan, termasuk membersihkan kementrian dari KKN.

Walau sempat terlibat dalam kasus Bank Century, sosok Sri Mulyani semakin dikagumi di mata dunia karena berhasil membuktikan dirinya jujur dan bersih dari kasus tersebut. Sri mulyani juga menjadi wanita Indonesia pertama yang diangkat menjadi Direktur Pelaksana oleh Bank dunia pada tahun 2010.

Sri Mulyani

Michelle Obama

Michelle Obama mencetak sejarah sebagai ibu negara berkulit hitam pertama di Amerika Serikat. Walau dulunya pernah mengalami diskriminasi warna kulit, Michele tidak pernah menyerah demi melanjutkan studinya. Dia membuktikan kalau dirinya bisa lulus S2 dibidang ekonomi dan hokum dari Harvard University, meskipun bukan dari keluarga kaya.

Selain sebagai ibu negara, Michelle juga banyak berkontribusi di berbagai bidang seperti, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan kemanusiaan. Michelle juga telah membuktikan kepada banyak orang bahwa menjadi Ibu Negara tidaklah hanya menjadi pendamping presiden tapi juga bisa ikut memberikan perubahan yang positif untuk negara.

Michelle Obama

Kesimpulan

Itulah 7 tokoh wanita inspiratif yang mendunia versi taupedia. Dari kisah-kisah tadi, membuktikan bahwa wanita mempunyai kekuatan untuk sukses dan bisa berkontribusi positif kepada masyarakat dengan kemampuan yang dimilikinya.

Kita tidak perlu terkenal dan kaya untuk dikatakan sukses dan menginspirasi, tapi jadilah diri sendiri dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format