Tradisi Lebaran Di Indonesia Yang Paling Dinantikan


842
842 points

Momen lebaran menjadi momen yang paling dinantikan oleh warga Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam. Di momen lebaran, biasanya kita akan berkumpul dengan keluarga dan bersilaturahmi ketempat saudara. Dan salah satu momen yang paling dinanti tentunya mendapatkan uang THR kan guys? Tapi selain bagi-bagi THR, ternyata ada tradisi lebaran di Indonesia lainnya yang hanya terjadi saat momen special ini lho.

8 Tradisi Lebaran Di Indonesia

Nah langsung aja nih guys, berikut 8 tradisi lebaran di Indonesia yang paling dinantikan versi Taupedia.

Mudik Lebaran

Bagi kalian yang sedang merantau, pasti sering melakukan tradisi yang satu ini. Mudik lebaran memang sudah menjadi salah satu tradisi wajib yang dilakukan banyak orang setiap tahunnya. Apalagi kalau kalian merantau di kota-kota besar seperti Jakarta.

Merayakan momen lebaran bersama keluarga tercinta di kampung halaman tentu jadi prioritas. Tapi karena harga tiket pesawat kereta ataupun bus menjelang lebaran biasanya sangat mahal, lebih baik kalian rencanakan dulu biaya buat mudik ya.

8 Tradisi Lebaran Di Indonesia

Baju Lebaran

Nah kalo tradisi lebaran di Indonesia yang satu ini, hampir semua orang pasti membeli baju baru khusus dipakai saat lebaran. Tradisi membeli baju lebaran sebenarnya cerminan dari pribadi yang baru ketika hari raya.

Tidak hanya baju lebaran, banyak orang yang juga membeli sepatu baru, celana baru, dan peralatan shalat yang baru juga. Dan karena tradisi serba baru inilah, terkadang momen lebaran sering dipakai sebagai ajang untuk saling pamer lho.

Baju Lebaran

Takbir Keliling

Tradisi takbir keliling biasanya dilakukan pada malam hari sebelum lebaran. Kemeriahan malam takbiran selalu dilengkapi dengan kumandang takbir sebagai wujud syukur setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puas.

Takbir keliling biasanya kurang lengkap jika tidak mengadakan pawai keliling membawa obor dan bedug keliling desa. Bahkan tak jarang dari mereka melakukan aktraksi menarik lho.

Nah buat kalian nih yang mau ikut memeriahkan malam takbiran dengan pawai dan membawa kendaraan pribadi, sebaiknya tetap menjaga keselamatan dengan mentaati peraturan lalu lintas ya.

Takbir Keliling

Mengirim Parcel

Tradisi mengirimkan parcel atau bingkisan ke-saudara dan tetangga juga menjadi kebiasaan yang sering dilakukan selama bulan puasa dan menjelang lebaran. Selain untuk menjalin tali silaturahmi, pasti banyak dari kalian yang menantikan kiriman parcel karena penasaran dengan isinya kan?

Mengirim Parcel

Berziarah Ke Pemakaman

Selain saling mengirim parcel menjelang lebaran, berziarah ke pemakaman keluarga atau saudara juga sering dilakukan. Biasanya orang-orang akan membersihkan makam dan mendoakan sanak saudara mereka. Tradisi ini tak hanya dilakukan menjelang lebaran tapi juga di awal penyambutan bulan puasa.

Berziarah Ke Pemakaman

THR

Tradisi membagi Tunjangan Hari Raya (THR) sudah menjadi salah satu hal wajib yang terjadi selama Lebaran. Biasanya, THR akan dibagikan kepada anak kecil, keponakan atau saudara. Dan kalau kalian sudah bekerja jangan berharap mendapat THR dari keluarga lagi ya.

Tidak hanya dikalangan keluarga, di kantorpun tradisi bagi-bagi THR juga sangat dinantikan para karyawannya agar bisa mudik dan merayakan lebaran nantinya.

8 Tradisi Lebaran Di Indonesia Yang Paling Dinantikan

Menyantap Ketupat

Salah satu makanan khas yang harus ada saat lebaran adalah ketupat. Biasanya sayur yang dihidangkan sebagai pelengkap ketupat adalah lauk bersantan dan berlemak tinggi.

Tradisi menyantap ketupat akan dilakukan sepulang shalat Idul Fitri yang disajikan lengkap dengan opor, rendang, dan kerupuk udang atau lainnya. Jadi jangan kaget ya kalau berat badanmu tiba-tiba naik setelah lebaran!!

8 Tradisi Lebaran Di Indonesia

Halal Bi Halal

Halal bi halal menjadi tradisi lebaran di Indonesia yang paling wajib. Halal bi halal menggambarkan tradisi bersilaturahmi dengan berkunjung kesanak saudara, kerabat, teman, dan kolega ketika hari lebaran sudah tiba.

Menjalin tali silaturahmi itu hukumnya wajib. Makanya, Momen lebaran biasanya selalu dimanfaatkan oleh semua orang sebagai momen untuk saling bermaaf-maafan.

8 Tradisi Lebaran Di Indonesia

Kesimpulan

Itulah 8 tradisi lebaran di Indonesi yang paling dinantikan versi taupedia. Walaupun banyak tradisi yang kita lakukan untuk memeriahkan lebaran, tapi jangan sampai lupa ya esensi dari lebaran bukanlah baju baru atau THR, tapi memaksimalkan silaturahmu untuk meminta maaf, memberi maaf, dan menjadi seorang pemaaf.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format