5 Video Kasus Bullying Yang Menggemparkan Indonesia


842
842 points

Masyarakat Indonesia sempat dihebohkan oleh beberapa video kasus bullying yang menjadi viral di berbagai media sosial. Bullying atau tindakan intimidasi umumnya terjadi dikalangan anak-anak hingga remaja.

Menurut penelitian, tindakan pembulian terjadi murni karena niat jahat seorang pelaku. Dan jika tidak dilakukan tindakan pencegahan, kasus bullying bisa berdampak pada kondisi mental dan psikologis korban bahkan bisa berujung pada kematian.

Video Kasus Bullying

Video Kasus Bullying Menggemparkan

Selain kasus pengeroyokan Audrey akhir akhir ini yang viral, sebenarnya ada beberapa kasus pembulian lain yang menggemparkan. Nah langusng aja nih guys, berikut ini adalah 5 video kasus bullying yang sempat menggemparkan Indonesia versi taupedia.

Kasus Bullying Anak SMP Di Thamrin City

Pada 14 Juli 2017 lalu, beredar sebuah video kasus bullying sejumlah anak SMP di Thamrin City. Dalam video tersebut terlihat jelas aksi kekerasan yang brutal dilakukan oleh sekelompok remaja SMP yang tediri dari perempuan dan laki-laki. Mereka menganiaya seorang remaja perempuan hingga mengalami luka.

Kejadian ini ternyata bermula ketika korban yang berinisial SB terlibat percekcokan sebelumnya dengan salah satu pelaku. Setelah ditelusuri, para pelaku terdiri dari sembilan siswa dari sekolah berbeda yaitu 2 siswi SMP dan 7 siswi SD yang ada di sekitar Tanah Abang. Mereka semuanya merupakan teman sepermainan dan telah membentuk sebuah geng bernama Brother of Santay (BOS).

Kasus Bullying Siswi SD Di Sidoarjo

Pada bulan Maret 2018, video pembulian terhadap anak kelas 6 SD di Sidoarjo, Jawa Timur sempat menjadi viral. Korban pembulian dalam video tersebut adalah seorang siswi kelas 6 SD dan pelakunya adalah tiga siswi SMP di kawasan Desa Rangkah, Sidoarjo.

Pembulian dan pengeroyokan ini terjadi karena faktor utang piutang pelunasan softlens. 2 dari pelaku tersebut juga merekam aksi mereka. Dan saat ditanyai polisi, para pelaku mengakui kalau mereka melakukan itu karena merasa kesal dengan korban.

Video Kasus Bullying

Kasus Bullying SMA 3 Setiabudi Jakarta

Kasus bullying juga sempat menimpa seorang siswi kelas X di SMAN 3 Setiabudi Jakarta Selatan oleh sejumlah siswi kelas XII kaka kelas mereka. Kejadian ini terjadi pada bulan April 2016 lalu. Para pelaku melakukan pembulian karena mereka ingin memberikan teguran kepada para junior setelah memergoki korban pergi ke sebuah kafe ber-DJ pada sabtu malam yang dianggap mereka belum pantas.

Dalam video pembulian yang viral tersebut, kepala korban dijadikan sebagai asbak rokok dan sengaja menumpahkan minuman di atasnya. Tidak hanya itu, korban juga disuruh memakai bra diluar dan merokok. Kasus ini berakhir damai setelah dibicarakan secara kekeluargaan.

Kasus Bullying SMA 3 Setiabudi Jakarta

Kasus Bullying Di Universitas Gunadarma

Tindakan pembulian di Universitas Gunadarma terjadi pada pria berkebutuhan khusus. Dalam sebuah video yang beredar pada bulan Juli 2017, terlihat seorang pemuda berkebutuhan khusus menjadi korban bullying. Tas korban tampak ditarik oleh seorang mahasiswa sehingga tidak bisa melangkah.

Korban sempat melawan dengan melemparkan tong sampah kepada si pelaku. Alih-alih menolong korban, mahasiswa yang melihat kejadian tersebut malah ikut menonton sambil bertepuk tangan lo guys. Akibatnya para pelaku mendapat sanksi di skors selama setahun.

Kasus Bullying Di Universitas Gunadarma

Kasus Bullying SMPN 18 Tangerang Selatan

Nasib tragis juga dialami oleh seorang siswa SMPN 18 berinisial MS. Dia menjadi korban bullying oleh sekelompok siswa dari kelas yang berbeda. Akibatnya, MS mengalami luka parah disekujur tubuhnya dan terpaksa tidak bisa mengikuti kegiatan sekolah padahal Ujian Tengah Semester (UTS) sedang berlangsung saat itu.

Kejadian ini terjadi pada Senin 5 Maret 2018, sekitar pukul 09.30 WIB. Saat jam istirahat, 3 orang pelaku tiba-tiba mendatangi kelas MS dan memaksanya agar ikut mendaftar pertandingan futsal. Karena menolak mendaftar futsal terebut, ketiga siswa itu kemudian terlibat cekcok hingga berujung pada tindakan penganiayaan.

Salah satu pelaku bahkan nekat menggunakan batu untuk memukul wajah korban. Akibatnya, korban mengalami luka sobek pada bagian kepala dan luka lebam di bagian wajah dan mata. Para pelakupun mendapatkan hukum skorsing dari sekolah.

Video Kasus Bullying

Kesimpulan

Itulah 5 video kasus bullying yang sempat menggemparkan Indonesia versi taupedia. Kasus pembulian bahkan sudah jadi budaya di Indonesia. Alangkah baiknya melakukan pencegahan dengan menerapkah hidup disiplin dan tanggug jawab dari kecil dan keluarga tentunya memegang peran penting dalam mengajarkan norma, nilai kehidupan, dan sopan santun.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format