Teori Berakhirnya Wabah Virus Corona


Penanganan wabah virus corona sampai sekarang masih terus dilakukan. Walaupun belum ada vaksin untuk virus corona, sejumlah peneliti ternyata telah memprediksi beberapa skenario yang mungkin menjadi akhir dari wabah mematikan ini.

Wabah Virus Corona - Teori Bagaimana Virus Corona Berakhir

3 Teori Berakhirnya Wabah Virus Corona

Menurut Amesh Adalja, seorang peneliti sekaligus ahli penyakit infeksi di Johns Hopkins’ Center for Health Security, Amerika Serikat, virus corona bisa berakhir dengan berbagai kemungkinan. Nah langsung aja nih guys, berikut ini adalah teori yang dikemukakan oleh Amesh Adalja dan sejumlah peneliti lain tentang bagaimana wabah virus corona akan berakhir.

1. Virus Corona Akan Hilang Dengan Sendirinya

Virus Corona sangat mirip dengan virus SARS. Selain awalnya sama-sama berasal dari kelelawar, kedua virus ini juga memiliki 80% kemiripan pada DNA. Oleh karena itu para ilmuwan menduga, kalau akhir virus corona juga akan sama dengan wabah SARS yaitu hilang dengan sendirinya.

Penyebaran virus SARS dulu semakin menurun setelah adanya karantina, pembatasan perjalanan, dan pemeriksaan di bandara-bandara. Hal ini dilakukan untuk memperkecil ruang penyebaran virus sehingga lama-kelamaan akan hilang dengan sendirinya.

Virus Corona Akan Hilang Dengan Sendirinya

Karena virus corona semakin menyebar, pemerintah di beberapa negara juga melakukan cara yang sama. Jika langkah karantina terus dilakukan, maka jumlah orang terinfeksi akan terus menurun dan virus tidak akan menyebar lebih luas lagi. Disisi lain walaupun virus masih ada di sekitar kita, tapi karena jumlahnya sangat sedikit maka tidak banyak orang yang akan terinfeksi.

2. Tersedia Vaksin Virus Corona

Hingga saat ini, belum tersedia vaksin resmi untuk mengatasi virus corona. Tapi kalian tidak usah khawatir, karena pengembangan vaksin masih terus dilakukan sampai sekarang. Bahkan, beberapa perusahaan obat-obatan internasional berlomba-lomba dalam mengembangkan vaksin novel coronavirus.

Menurut Anthony Fauci, pimpinan pusat penyakit infeksi di National Institutes of Health, pengembangan vaksin virus corona akan berjalan dengan cepat dan diharapkan bisa mengakhiri wabah ini.

Selama menanti munculnya vaksin virus corona, jangan lupa ya guys agar selalu melakukan upaya pencegahan seperti memakai masker saat keluar dan mencuci tangan dengan rutin menggunakan air bersih dan sabun.

Vaksin Virus Corona

3. Virus Corona Tidak Akan Pernah Hilang, Tapi Berubah Menjadi Penyakit Musiman

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Worldometer, penularan virus corona jauh lebih cepat dibandingkan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome). Sebagai gambaran, satu orang yang terinfeksi corona bisa menulari 3 hingga 4 orang.

Amesh Adalja juga menambahkan, wabah virus novel corona mungkin saja tidak akan berakhir. Hal ini didasarkan pada sebuah model penyebaran infeksi yang diterbitkan di jurnal Annals of Internal Medicine.

Walaupun virus corona tidak berakhir, tapi infeksi virus corona bisa saja menjadi penyakit musiman seperti halnya pilek dan flu. Virus flu dan sejenisnya memang bertahan lebih lama pada suhu dingin. Tapi ketika memasuki musim panas atau kemarau, angka infeksi mungkin menurun karena virus menjadi lebih lemah.

Kesimpulan

Itulah teori yang dikemukakan oleh para ahli tentang bagaimana wabah virus corona akan berakhir. Walaupun akhir dari wabah ini mungkin masih belum terlihat dengan jelas, akan tetapi banyak pihak yang berusaha keras dalam mendeteksi pasien dan mencegah penularan. Kalian juga bisa berperan aktif dengan menjaga diri sendiri dan orang-orang terdekat serta selalu jaga kesehatan dan kebersihan ya guys.


1727
4.8k shares, 1727 points